Jumat, 22 Februari 2013

KMnO4



Warna larutan KMnO4 sangat kelam dan dipakai untuk menunjukkan titik akhir. Hanya 0,01-0,02 ml KMnO4 0,02 M sudah cukup untuk memberikan warna yang tampak dalam 100 ml air (2-4x10-6 M). Selama titrasi berlangsung, KMnO4 lenyap bereaksi, tetapi setelah titrat habis maka kelebihan setetes KMnO4 menimbulkan warna yang dengan mudah dapat dipakai sebagai penunjuk berakhirnya titrasi (Harjadi, 1993).
Kalium permanganat mampu mengoksidasi air sebagai berikut :
4MnO4- + 2H2O →  MnO2 + 3O2 + 4OH-
Konstan kesetimbangan reaksi ini juga besar, tetapi lajunya juga kecil. Tampak bahwa asam akan menggeser reaksi ke kanan. Selain itu, MnO2 merupakan katalisator (otokatalisator). Juga basa, cahaya, panas dan ion Mn2+ akan mempercepat reaksi tersebut. Tak heran bila buret bekas KMnO4 sering tampak kecokelat-cokelatan akibat MnO2 yang terbentuk. Janganlah menambahkan sejumlah besar KmnO4 lalu memanaskannya, misalnya untuk suatu titrasi kembali (Harjadi, 1993).
Kristal KMnO4 untuk pembuatan larutan sering terkontaminasi dengan MnO2, disamping itu MnO4 juga mudah terbentuk di dalam larutan karena adanya berbagai bahan organik. Maka pada pembuatan larutannya, sesudah kristal larut sebaiknya larutan dipanaskan untuk mempercepat oksidasi zat-zat organik. Setelah dingin, larutan disaring untuk memisahkan MnO2. tentu penyaringan ini tidak boleh menggunakan kertas saring karena mudah teroksidasi selanjutnya, larutan disimpan dalam botol berwarna gelap dan tanpa penambahan basa. Standarisasi ulang perlu sering dilakukan (Harjadi, 1993).
Suatu larutan KMnO4 standar dapat juga digunakan secara tidak langsung dalam penetapan pengoksid, terutanma oksida yang lebih tinggi seperti logam timbal dan mangan. Oksida semacam itu seukar dilarutkan dalam asam ataupun basa tanpa mereduksi logam itu kedalam keadaan oksidasi yang lebih rendah. Tidak praktik untuk menitrasi zat-zat secara langsung karena reaksi dari zat padat dengan suatu zat pereduksi berlangsung lambat (Underwood, 1986)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar